Mengetahui IP penggunjung situs

Mengetahui IP pengujung,

Di sini di bahas sekilas tentang kegunaan kita mengetahui ip pengunjung, salah satunya yakni dengan kita mengetahui ip tersebut kita bisa mengetahui pola dari siapa sih yang sempat mampir ke situs kita, di tambah lagi dengan kita memiliki situs yang orientasi nya ke arah e-commerce sehingga kita bisa mempelajari pola pelanggan yang mampir ke situs kita, apa yang mereka sering lihat dan mereka suka  ataupun sebaliknya apa yang tidak pernah mereka minati. Karena kita tidak  bisa melihat siapa yang sempat mampir ke situs kita dengan visual, karena memang tidak terihat oleh karena itu dengan kita sedikit banyak mengetahui cara untuk mengenal IP  kita jadi tau siapa saja pelangan yang mampir ke situs kita.

Let’s to coding

<?

 

//ip.php

 

echo "Anda Berasal dari $_ENV[REMOTE_ADDR]".

                (isset($_ENV['REMOTE_HOST'])?"

($_ENV[REMOTE_HOST])":""). "<br>";

if (isset($_ENV['HTTP_X_FORWARDED_FOR'])){

                if (preg_match("/\d+\.\d+\.\d+\.\d+/",

                                $_ENV['HTTP_X_FORWARDED_FOR'])){

                                echo "Anda adalah proxy, dan alamat IP asli anda adalah ".

                                                $_ENV['HTTP_X_FORWARDED_FOR'];

                }else{

                                echo "Anda adalah froxy, sehingga alamat IP asli anda tidak diketahui.";

                }

}

?>

Setiap ada klien yang menghubungi webserver, Apache akan mencatat IP-nya dan memberikan pada PHP lewat variable environment  REMOTE_ADDR dan REMOTE_HOST. REMOTE_ADDR adalah IP-nya dan REMOTE_HOST adalah hostname hasil lookup DNS jika Apache di set HostnameLookups off, atau gagal memperoleh hostname jika IP memiliki record A atau CNAME di DNS, maka variable ini kosong, tapi perlu di ingat disini adalah tidak semua computer  pengunjung adalah klien melainkan juga bisa berupa proxy . dan di sini proxy biasanya memberikan petunjuk bahwa dirinya proxy melalui header X-Forwarded-For yang dikirimkanya dan header ini bernilai alamat IP klien proxy, dan di PHP kita data mengambil nilai ini di variable $_ENV[‘HTTP_X_FORWARDED_FOR’].

Bisa di lihat coding yang seperti ini 

if (preg_match("/\d+\.\d+\.\d+\.\d+/",

                                $_ENV['HTTP_X_FORWARDED_FOR']))

Kita mengecek nilai header X_FORWARDED_FOR apakah menyerupai sebuah alamat IP. Karena proxy seperti Squid dapat di set untuk menyembunyikan alamat IP klien dengan nilai “Unknown” di header ini.

Sebagai catatan mengenai header X_Forwarded_For ini, klien proxy dapat merupakan sebuah proxy, dan klien dari klien proxy dapat merupakan proxy juga, sehingga bisa saja header ini akan berisi lebih dari satu IP yang dipisahan tanda koma, ataupun alamat IP  yang diperoleh bisa saja sebuah IP private

Jadi Anda perlu memilih sesuai kebutuhan sendiri, apakah ingin mencatat alamat dari REMOTE_ADDR yang bisa merupakan proxy atau alamat dari REMOTE_ADDR yang bisa merupakan proxy atau alamat dari HTTP_X_FORWARDED_FOR yang bisa merupakan IP private

Semoga informasi di atas dapat menambah refrensi anda

 

Kunjungi www.prowebpro.com untuk menambah wawasan anda.

Web Design Packages

Paket BasicPaket BusinessPaket Corporate

Address

PT. Proweb Indonesia

 

Please visit: www.proweb.co.id