Pilih proyek tender atau pemilihan langsung ?

Dalam menjalankan suatu bisnis, kita akan menemukan berbagai tipe client. Berbagai tipe client juga memberikan prosedur yang berbeda-beda dalam mencari vendor yang dibutuhkan untuk memenuhi suatu kebutuhan produk atau jasa tertentu.

Secara umum ada 3 macam prosedur yang dijalankan client

  1. Prosedur tender
    Pada proyek jenis tender ini, client akan memanggil beberapa vendor dan dikumpulkan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Vendor-vendor akan diberi penjelasan mengenai kebutuhan client tersebut dan tatacara tender. Di sini peserta tender harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Proses tender ini bisa cukup panjang mulai dari pembuatan proposal, presentasi, pembuatan prototype dan seterusnya. Proses tender ini akan banyak menguras banyak energi para vendor. pPoyek tender ini biasanya mempunyai anggaran yang tinggi, jika berhasil memenangkan tender memang akan banyak mendapat banyak untung. Tetapi kalau gagal akan sangat menghabis-habiskan biaya dan energi, apalagi kalau ternyata ada permainan orang dalam maka hanya akan membuang-buang waktu.
  2. Penunjukan langsung
    Penunjukan langsung terjadi setelah client menimbang-nimbang banyak vendor dan memilih produk/layanan kita. Dalam penunjukan langsung client akan mengundang vendor untuk datang dan  presentasi. Jika presentasi vendor sesuai kebutuhan client, maka miliki kemungkinan besar mendapatkan project..
  3. Semi tender
    Ada juga yang semi tender, semua vendor dipanggil satu persatu kemudian diminta melakukan presentasi. Vendor tidak diberitahu kalau proyek tersebut tender. Setelah semua vendor presentasi pada waktunya masing-masing, vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka akan dipanggil untuk seterusnya mengerjakan proyek. Untuk jenis proyek ini, di mata vendor tetap dianggap penunjukan langsung.


Perusahaan bisa memilih tipe project yang akan dipilih. Proyek yang bersifat tender membutuhkan lobi sangat kuat tetapi kalu berhasil juga besar jumlahnya. Untuk proyek bersifat penunjukan langsung tidak  membutuhkan loby yang kuat, tetapi nilai proyeknya tentu lebih rendah. Setiap perusahaan mengetahui kemampuan masing-masing dan bisa masuk ke jenis proyek sesuai kemampuannya.

Kunjungi www.prowebpro.com untuk menambah wawasan anda.

Web Design Packages

Paket BasicPaket BusinessPaket Corporate

Address

PT. Proweb Indonesia

 

Please visit: www.proweb.co.id